Apakah Jerawat Itu?

July 2nd, 2011 by Nurita Hardini Meita Sari

obat jerawatBanyak diantara kita, terutama kaum wanita merasa tidak percaya diri akibat jerawat. Kadang banyak orang dibuat kesal dengan bekas jerawat yang sulit dihilangkan meskipun menggunakan obat jerawat. Maka sebelum kita melakukan perawatan untuk mengusir jerawat, alangkah baiknya jika mengetahui hal-hal tentang jerawat. Jerawat adalah kondisi kulit yang terjadi akibat kelebihan produksi minyak oleh kelenjar minyak kulit. Minyak yang biasanya melumasi kulit semakin terperangkap dalam saluran minyak kemudian diblokir dan akhirnya mengakibatkan jerawat, komedo, dan whiteheads pada permukaan kulit. Kadang-kadang juga mencakup lesi kulit yang lebih dalam yang disebut kista. Beberapa faktor yang dapat mengakibatkan jerawat adalah makanan, keturunan, kotoran, stress, hormon dan kosmetik.

Apa bedanya jerawat, komedo, whiteheads dan kista? Jerawat adalah pembengkakan kulit kecil yang kadang-kadang berisi nanah. Komedo adalah formasi gelap pada kulit akibat akumulasi campuran minyak dan sel dalam pori-pori kulit yang tersumbat. Whiteheads adalah daging atau benjolan kecil berwarna putih karena penyumbatan pori-pori kulit. Kista adalah kantung tertutup di bawah kulit atau lebih yang mengandung zat cairan atau setengah padat. Bidang kulit yang paling rentan terhadap jerawat adalah daerah-daerah yang mengandung kelenjar minyak terbesar misalnya wajah, dada, bahu, dan punggung adalah wilayah dengan kandungan kelenjar minyak tertinggi. Jerawat sering terjadi terutama masa remaja, dan sebagian besar orang mengalami jerawat pada beberapa titik di wajah selama hidup mereka. Ada banyak mitos tentang apa yang menyebabkan dan menyembuhkan jerawat, serta banyak produk yang ditawarkan dipasar yang ditujukan untuk membantu mencegah dan mengobati bekas jerawat, terutama pada remaja seperti obat jerawat buatan pabrikan hingga obat jerawat alami buatan sendiri. Tetapi tidak menutup kemungkinan kondisi eksternal seperti lingkungan yang kotor dapat mempengaruhi kondisi wajah jerawat.

Bebagai macam pengobatan dan tips jerawat yang dapat Anda gunakan untuk mengusir dan mencegah jerawat. Pengobatan jerawat biasanya tergantung pada kondisi jerawat yang dialami. Pengobatan jerawat yang ringan dapat diobati dengan obat jerawat atau OTC (over the counter). OTC dapat dibeli di apotek tanpa resep dokter. Kebanyakan obat jerawat OTC berisi bahan aktif seperti resorsinol, benzoil peroksida, asam salisilat, belerang, retin A, asam azelat. Resorsinol yang membantu memecahkan komedo dan jerawat. Benzoil peroksida, membunuh bakteri dan memperlambat produksi kelenjar minyak. Asam salisilat, membantu memecah komedo dan jerawat, juga mengurangi penumpukan folikel kelenjar minyak, efektif dalam mengobati inflamasi dan pembengkakan. Belerang membantu memecah jerawat dan sebagai antibakteri. Retin A membantu untuk mencabut kelenjar yang menyumbat pori-pori. Azelat Asam yang memperkuat sel-sel yang melapisi folikel, berhenti letusan minyak, mengurangi pertumbuhan bakteri. Anda dapat membeli obat jerawat dalam bentuk gel, sabun, pembalut, krim dan lotion. Jika kulit sensitif Anda dapat memilih krim atau lotion.

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti perawatan dan tips jerawat yang dapat mengurangi dan tidak memperburuk kondisi wajah jerawat Anda. Cuci wajah Anda dua kali setiap hari, jangan mencuci lebih sering dan gunakan sabun lembut yang dibuat khusus untuk orang dengan jerawat, dan air hangat. Jangan mencoba untuk memencet jerawat sebab dapat mengakibatkan infeksi dan menyebabkan pembengkakan. Jika Anda harus menyingkirkan jerawat untuk beberapa acara, seperti pernikahan, atau kesempatan berbicara di depan umum, mintalah seorang spesialis untuk mengobati jerawat Anda. Cobalah untuk menahan diri dari menyentuh wajah Anda dengan tangan Anda, bila Anda sedang menelepon mencoba tidak menempelkan kulit wajah Anda pada bagian telpon atau handphone. Jika jerawat Anda terdapat pada bahu punggung atau dada, gunakan pakaian yang longgar. Pakaian ketat, seperti ikat kepala, topi dan syal harus dihindari ,jika Anda harus memakainya, pastikan barang tersebut dibersihkan secara teratur.

One Response to “Apakah Jerawat Itu?”

  1. Ajimat says:

    terima kasih,
    artikel nya sangat menarik,
    sukses

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply